RSS

KENAPA MANUSIA SERING GAGAL

31 Okt

KENAPA MANUSIA SERING GAGAL
Oleh Ki Abduljabbar

Allah SWT menciptakan manusia adalah untuk bahagia, jika manusia bahagia, otak manusia akan memerintahkan tubuh memproduksi ratusan hormon kebahagiaan tiga diantaranya adalah Endorpin, Serotonin dan Melatonin. Hormon-hormon tsb berfungsi sebagai penyeimbang tubuh dan memperbaiki organ-organ atau bagian tubuh yg lemah agar kuat kembali. Tetapi jika manusia marah, cemburu, iri dan dengki, benci, rasa was-was, rasa takut dan rasa gelisah, maka otak akan memperoduksi 2 racun yaitu adrenalin dan noradrenalin. Alhamdulillah kedua racun tsb diproduksi oleh tubuh sangat sedikit. Itulah sebabnya dapat disimpulkan Allah Ta’ala menciptakan manusia untuk hidup bahagia.

Tetapi kenapa manusia sering mengeluh, bahkan merasa hidupnya selalu GAGAL?
1. Manusia cenderung tidak sabar, sehingga dia tdk menyadari ibarat baru mencangkul 2 meter sudah mengharapkan panen 2 ton. Keinginan sukses yg instan tadi membawa diri mencari cara instan pula, entah mengamalkan ilmu-ilmu pesugihan, kesaktian, uang ghoib, dll dgn harapan dia bisa seperti manusia setengah dewa yg hanya mengucapkan ADAKADABRA…!!! langsung harta karun sdh dihapannya. Itu semua adalah MIMPI (ingat iklan Sampurna), karena Allah Ta’ala di dalam Al-Qur’an berfirman:“Manusia tdk akan memperoleh selain yg diusahakannya” [Qs An Najm 39]. Kalau demikian mustahil sesuatu yg INSTAN, semua terikat dgn sunatullah.

2. TIDAK BERDOA KEPADA ALLAH. Terlenanya manusia kepada amalan-amalan sehingga terbawa musrik, yg akhirnya HIZIB yg juga buatan manusia sudah didewa-dewakan sehingga melupakan cara-cara sesat dalam pengamalan HIZIB tsb. Hizib yg sebenarnya suatu doa yg mulia, sdh dinodai cara sesat mereka tidak tahu, sehingga tujuan yg mulia disusupi jin yg sesat. Kalau kita memang merasa mahkluk ciptaan Allah, mintalah kepada Allah bukan yg lain. Ud’uni istajib lakum [ mintalah kpd-KU niscaya akan KU perkenankan ]. Sumpah deh…, orang yg gagal sebenarnya tidak pernah berdoa kepada Allah.

3. TIDAK MAU COPY CAT KEPADA ORANG YG SDH SUKSES. Kita ingin kaya, ingin sukses, belajarlah kepada orang yg sudah SUKSES. Jangan kita melakukan pembatasan pada pikiran kita sendiri (memasung otak Anda), sehingga menolak belajar dari orang barat. Kalau ada orang Indonesia yg benar-benar sukses tidak masalah, Anda dapat belajar bagaimana cara kesukesan yg mereka lakukan. Semua ini namanya COPY-CAT. Allah itu maha bijaksana, ibarat kita belum bisa naik mobil, Allah tidak akan memberi mobil. Ini artinya, kalau Anda ingin sukses Anda harus sudah siap bagaimana bersikap dan bertindaknya orang sukses. Jangan-jangan Anda kalau sdh sukses justru malah tersesat karena belum siap. “La yukallifullahu nafsan illa wus’aha” [ Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”. ]

4. TIDAK AHLI SYUKUR. Orang yg sering gagal, tidak pernah atau susah bersyukur, boro-boro menjadi ahli syukur. Menjadi PANDAI BERSYUKUR saja tidak bisa. Karena sudah terlalu sering dgn kegagalannya tsb akhirnya menjadi KARAKTER, yaitu karakter NEGATIF. Ciri-ciri orang tsb adalah yg jika ada orang mengajarkan cara sukses, justru dikatakan OMDO (omong doang), karena orang gagal tidak pernah tahu nikmatnya SUKSES. ironisnya orang seperti ini BUKAN MENGKOREKSI DIRINYA SENDIRI, malah MENCARI KAMBING HITAM (menyalahkan orang lain). Lebih tragis lagi, ALLAH pun sering disalahkan. Orang seperti ini memiliki sifat CEPAT KAGUM dan CEPAT BENCI dan suka membanding-bandingkan orang lain.

Demikian saya berikan 4 contoh, meskipun sebenarnya masih banyak, tetapi saya rasa itu sudah cukup. Pada intinya, kita harus tetap berusaha [ikhtiar] , trs berdo’a, namun jika masih tdk sesuai dgn apa yg kita pinta atau harapkan, jgn mengeluh karna itu kesanggupan kita menerima sesuatu tsb [kapasitas kita] dan tentunya itu yg terbaik buat kita , dan jgn kita memaksakan dgn apa yg sdh menjadi kehendak-NYA karna itu nafsu …..
Dan jgnlah kamu mengikuti hawa nafsu karna ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah [Qs Shaad 20]. Setidaknya rasa SYUKUR dan BAHAGIA harus tetap kita pertahankan.

Mohon maaf sekiranya tulisan ini dianggap menggurui, kalau tidak ada manfaat silahkan ditinggalkan. Kritik adalah penilaian untuk perbaikan, jika Anda memberi KRITIK orang lain sama artinya juga Anda sdh memperbaiki diri Anda, karena Anda sdh mengetahui apa yg terbaik. Tetapi jika Anda meberikan CEMOOH, HUJATAN, EJEKAN, bahkan memberikan KEBENCIAN kepada orang lain, itu juga sama dengan Anda memperlakukan kepada diri Anda sendiri. Seperti pepatah: “JIKA ANDA INGIN MENERIMA, MEMBERILAH TERLEBIH DAHULU”. Jangan menjadi orang BURUK MUKA CERMIN DIBELAH. Seperti murid tidak lulus ujian, gurunya yg dikatakan GOBLOK tidak bisa mengajar.

Wassalam,

 
64 Komentar

Ditulis oleh pada 31 Oktober 2011 in ARTIKEL

 

64 responses to “KENAPA MANUSIA SERING GAGAL

  1. tony ahmad

    10 Desember 2011 at 10:57 PM

    Karena memang belum dikasih sukses aja sama Allah sang pencipta, Allohuakbarrr

     
  2. tony ahmad

    10 Desember 2011 at 11:30 PM

    Yah belum dikasih sukses sj sama ALLAH Sang Pencipta…… ALLOHUAKBAR…..tuhan sembahan mu,,,,,

     
  3. kabayan

    3 Januari 2012 at 6:27 AM

    Yahud kang, Kalau kita bisa bikin orang lain bisa ketawa .
    Kita bisa kaya percaya engga para sedolor.
    CONTOH NYA,Si SULE /SUTISNA hanya bikin orang ngakak sudah kaya raya.
    Maka dari itu berbahagialah sebelum sebellum bahagia itu tabrakan
    eh maap itu mah bis jurusan BANDUNG JAKARTA HI HI HA HA .
    Salam takdim khususnya sesepuh ki Abdul jabar umumnya utk para sedulur RAHAYU engga pake ependi.
    WASALAM

     
  4. alika rhara

    26 Juli 2012 at 6:23 PM

    gagal bukan rejeki😥

     
  5. andry

    3 Desember 2012 at 5:11 PM

    Gagal adalah usaha yg tertunda

     
  6. Moh natim

    29 Maret 2013 at 4:34 PM

    Semoga bermanfaat

     
  7. andi yuda

    30 Desember 2013 at 1:26 PM

    thank brow, posting anda mantap, saya emang kyk gto, tp stlah saya ikuti tulisan nya mantap brow,. KALO ADA CARA GAMPANG UNTUK JUAL BELI RUMAH ATO TANAH, posting ya, yg sderhana aja ato dgn sarana2 yg gampang,

     
  8. fadhila99

    17 Januari 2015 at 2:50 AM

    Sipp,numpang alamat web mungkin bermsnfaat utk ummat http://pranametafisik.Wordpress.com

     
  9. Pendi

    11 Agustus 2015 at 12:24 AM

    Subhanalloooh, suatu llmu yg sgt bermanfaat
    klo blh sy minta no hp yg aktif, agar sy bs lbh banyak lg blajar, dari anda
    ini no sy 08995767275

     
  10. Mursito mawardi

    24 Agustus 2015 at 5:01 PM

    Mohon izin ikut bergabung. . .

     
  11. Sujarno,S.Pd

    29 Juli 2016 at 8:18 AM

    Mksh atas info pencerahannya…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: