RSS

PIKIRAN SADAR VS PIKIRAN DIBAWAH SADAR

27 Okt

PIKIRAN SADAR VS PIKIRAN DIBAWAH SADAR
Oleh Ki Abduljabbar

Sangat disayangkan teman-teman yg hadir pada acara KWA Jakarta sebagian meninggalkan sesi acara yg saya berikan (hik…hik…hik…), padahal sesi saya itu tidak hanya untuk kemakmuran, dapat juga untuk kesehatan, dan hajat yg lainnya. Bagi saya MEREKA yg meninggalkan acara sesi saya, tidak sadar kalau APA YG SEKARANG ADA PADA DIRINYA ADALAH PRODUK PIKIRANNYA YG MEREKA PIKIRKAN HAMPIR SETIAP WAKTU. Saya memang tidak bisa memaksakan mereka yg pada umumnya lebih tertarik kepada kesaktian, sesuatu yg instan, yg ajaib, “ada kadabra” uang sdh ada di depannya. Meskipun sudah ribuan orang tertipu oleh paranormal palsu, ternyata masih banyak yg terperosok pada lubang yg sama. Istilah pepatah NGELMU yg artinya TINEMU KANTI LAKU tidak menarik lagi bagi mereka, kenyataannya mereka lebih percaya hanya dengan MANDI air yg dirajah mereka percaya sudah bisa membuang AURA NEGATIF (padahal tidak ada aura positif atau negatif, aura ya aura), atau dikatakan membuang nasib jelek (padahal nasibmu ya terserah kamu), energi negatif (jin sering menjadi kambing hitam alias yg disalahkan). dll. Hhmmm… diblog inipun sdh dibabar PENYELARASAN DGN ALAM SEMESTA, lantas apa sih yg dimaksud penyelarasan dgn alam semesta?
Secara ilmiah, penyelarasan dgn alam itu adalah ibarat teknologi analog melakukan sinkronisasi dengan teknologi digital, tuning gelombangnya analog tetapi memiliki out-put digital. Sama halnya manusia itu jagat cilik (microcosmos) dan alam semesta adalah jagat besar (macrocosmos), sifat-sifat alam semesta harus juga kita miliki, misalnya alam semesta itu bersifat memberi dan selalu “YA”.
Walaupun hanya pohon BENALU, ternyata tidak pernah membuat mati pohon yg ditumpanginya. Dulu orang bangga kalau mengkonsumsi sayuran hygroscopic (tumbuh tdk menggunakan tanah), selain mahal juga dipercaya bebas dari bakteri. Ternyata sayuran tsb tidak bergizi. Justru tanaman yg tumbuh di atas tanah dgn banyak bakterinya merupakan sayuran yg penuh gizi. Ini semua adalah KUASA TUHAN yg mengatur rantai EKOSISTEM dimana masing-masing melakukan hukum alam adalah MEMBERI. Kalau Anda mau sukses mulailah hidup memberi (gitu kok repot).

Banyak orang yg struggle (bersusah-payah) menjalani hidupnya karena kesusahan dalam mencari nafkah, sehingga stress yg akhirnya mengidap penyakit. Kegagalan demi kegagalan yg dialaminya sdh mendarah daging, sehingga mereka berpikir hanya dengan KESAKTIAN segala persoalan hidupnya dapat secara INSTAN dapat diselesaikan, karena cara-cara yg umumnya orang lakukan sdh tidak berhasil. Tetapi apakah memang demikian? jawabnya TENTU TIDAK.

Hhmmm … saya mensyukuri masih ada yg mau merubah mind-set nya, dan saya tidak merisaukan orang yg mengabaikan sesi saya. Bagi saya tidak ada bedanya, yg pasti saya sudah berusaha untuk tetap konsisten memberikan pelajaran tsb, apakah dipakai oleh orang lain atau tidak. Di sini saya meneruskan pembabaran untuk artikel MANTRA UNTUK SEBUAH HIDUP BERKELIMPAHAN, yaitu menjelaskan tentang pikiran sadar dan pikiran dibawah sadar, sehingga Anda ngeh ….

PIKIRAN SADAR DAN BAWAH SADAR

Orang adalah apa yang dipikirkannya sepanjang hari. —RALPH WALDO HMERSON

Ketika gelombang BETA otak mendominasi, seseorang akan berada dalam kondisi sadar dan terjaga. Hal ini diper¬lukan agar kita dapat berkonsentrasi pada sesuatu. Anda bisa bayangkan bagaimana jadinya ketika Anda tidak bisa berkonsentrasi pada sesuatu. Sulit bagi Anda untuk bekerja dan bergaul. Anak-anak autis sesungguhnya adalah anak-anak yang sangat kurang gelombang BETA pada otaknya atau bahkan tidak ada sama sekali. Dengan kata lain, otaknya belum dapat meng-aktifkan gelombang BETA.
Apa yang terjadi pada anak autis? Ia menjadi tidak bisa ber¬konsentrasi terhadap sesuatu. Sebagai akibatnya ia menjadi anak yang tidak bisa memerhatikan keadaan sekelilingnya, la hanya senang dengan keadaannya sendiri. Konsentrasi membantu kita untuk bisa fokus pada suatu keadaan tertentu.
Namun, ketika kita melakukan konsentrasi tinggi dalam ren¬tang waktu yang agak lama, kita menjadi lelah. Kelelahan ini sering juga disebut sebagai stres ringan. Hal ini terjadi karena kira mengarahkan seluruh pikiran dan tenaga kita hanya pada satu hal tertentu. Anda bisa bayangkan bagaimana jadinya jika seluruh pikiran dan energi Anda fokuskan pada beberapa hal sekaligus. Anda akan menjadi semakin stres.
Dan inilah yang terjadi pada sebagian besar manusia. Ketika gelombang beta mendominasi, ketika pikiran diarahkan untuk fokus dan berkonsentrasi pada banyak hal, yang akan timbul adalah stres berat. Anda bisa mencoba hal ini sekarang juga.
Cobalah untuk memikirkan keadaan keuangan Anda saat ini, sambil melakukan hal tersebut, cobalah pikirkan juga ten¬tang masa depan Anda yang belum Anda ketahui. Sambil memikirkan keduanya, cobalah Anda pikirkan tentang peker¬jaan Anda yang tertunda, tambahkan lagi dengan memikirkan hal-hal lain. Jika ini dilakukan secara serempak. Anda bisa mengalami stres berat.
Apa saja yang Anda alami jika Anda mengalami stres yang amat berat? Berdasarkan penelitian, ego Anda akan mengambil- alih keadaan dengan melakukan salah satu atau beberapa hal berikut ini:
1. pengingkaran
2. penindasan
3. penolakan
4. menutup diri atau melindungi diri
5. mengganti dengan sesuatu yang lain
6. menyesuaikan diri
7. menyerah
8. mengubah (membuat formasi baru)
9. tidak melakukan apa-apa (menunggu)
10. mundur teratur
11. mengalihkan pada hai yang lain

Untuk itulah kira membutuhkan bantuan agar kita bisa meng¬olah semua informasi yang masuk. Bantuan ini dapat kita peroleh secara cuma-cuma karena secara otomatis pikiran bawah sadar sudah melakukannya. Apa yang tidak dapat diproses oleh pikir¬an sadar, akan diproses oleh pikiran bawah sadar. Dan, untuk niengakntkan pikiran bawah sadar secara sadar adalah membuat gelombang otak Anda berada pada frekuensi alfa atau tera.

PERBEDAAN ISTILAH SADAR DAN BAWAH SADAR
denting untuk diingat bahwa kedua jenis pikiran ini bukanlah dua pikiran. Keduanya hanyalah dua lingkup kegiatan dalam satu pikiran. Pikiran sadar adalah pikiran yang menalar. Pikiran sadur adalah fase pikiran yang memilih. Semua keputusan di¬buat dengan pikiran sadar. Sebaliknya, tanpa pikiran sadar dan kontrol dari pikiran sadar, jantung tetap berfungsi secara otoma¬tis, begitu juga dengan proses pencernaan, sirkulasi darah, dan pemapasan dilakukan oleh pikiran bawah sadar melalui proses yang rak tergantung pada pengendalian sadar.
Pikiran bawah sadar kita menerima apa yang dikesankan padanya atau apa yang secara sadar kita percayai. Pikiran ba¬wah sadar tidak menalar apa-apa seperti pikiran sadar, dan ti¬dak pernah membantah Anda sekali pun. Pikiran bawah sadar bagaikan tanah yang menerima bibit apa pun, baik atau buruk. Selain itu, kemungkinan diwujudkannya suatu pikiran menjadi kenyataan jika buah pikiran tersebut berada di pikiran bawah sadar adalah sebesar 88%. Sedangkan, kemungkinan terwujud¬nya buah pikiran pada pikiran sadar adalah 12% saja.
Buah pikiran kira itu laksana bibit yang tertanam dalam pi¬kiran bawah sadar. Walaupun buah pikiran kita bersifat negatif, pikiran bawah sadar tidak akan mempertanyakannya dan akan menjalankannya dengan sangat baik. Dan, pada akhirnya akan terwujud dalam pengalaman luar kita. Begitu pun halnya de¬ngan buah pikiran yang positif. Perlu juga diingat bahwa apa yang disebut sebagai sesuatu yang positif bisa sangat negatif bagi kita. (Mengenai pembahasan ini dapat Anda lihat pada pelajaran berikutnya nanti).
Jadi ingatlah, pikiran bawah sadar tidak ikut membuktikan apakah buah pikiran kita baik atau buruk, benar atau salah, tetapi bereaksi sesuai dengan keyakinan kini terhadap buah pikiran kita atau pengandaian kita. Jika sesuatu itu Anda anggap benar dan Anda meyakininya (walaupun mungkin tidak benar), pi¬kiran bawah sadar akan menerimanya sebagai suatu kebenaran dan mulai bergerak untuk mewujudkannya dalam kenyataan.

KETIKA PIKIRAN BAWAH SADAR MENERIMA SUATU GAGASAN
Adalah suatu kebenaran yang menarik dan sulit dimengerti bah¬wa hukum pikiran bawah sadar bekerja sama baiknya dengan ga¬gasan baik ataupun gagasan buruk. Begini pikiran bawah sadar menerima suatu gagasan—baik atau buruk—pelaksanaannya langsung dimulai.
Hukum ini, bila diterapkan secara negatif, akan menyebabkan kegagalan, frustasi, dan keridak-bahagiaan. Sebaliknya, begitu pemikiran Anda serasi dan konstruktif. Anda akan mengalami kesuksesan, keberhasilan, dan kebahagiaan. Kedamaian hati dan tubuh yang sehat terjadi dengan sendirinya kalau Anda mu¬lai berpikir dan merasa secara benar. Apa pun yang ada dalam pikiran Anda anggap benar dan Anda rasa benar, akan diterima oleh pikiran bawah sadar Anda dan diwujudkan dalam penga¬laman Anda. Satu-satunya yang harus Anda lakukan adalah membuat pikiran bawah sadar menerima gagasan Anda, dan hukum pikiran bawah sadar Anda akan secara otomatis menda¬tangkan kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan.
Anda cukup memberi perintah atau ketetapan, dan pikir¬an bawah sadar akan secara setia mereproduksi gagasan yang tercetak padanya. Hukum pikiran Anda adalah sebagai beri¬kut:
ANDA AKAN MENDAPAT SUATU REAKSI ATAU JAWABAN DARI PIKIRAN BAWAH SADAR SESUAI DENGAN HAKIKAT PIKIRAN ATAU GAGASAN DI DALAM PIKIRAN SADAR ANDA.
Para peneliti telah membuktikan bahwa bila buah pikiran disampaikan ke pikiran bawah sadar akan timbul kesan pada sel-sel otak. Segera setelah pikiran bawah sadar menerima suatu gagasan, pikiran bawah sadar langsung memberlakukannya. Hal itu dilakukan dengan menghubungkan gagasan-gagasan dan menggunakan setiap butir pengetahuan yang telah terkumpul selama masa hidup untuk mencapai tujuannya, dengan meman¬faatkan kekuatan, energi, dan kebijaksanaan yang tidak ada batasnya dalam diri kita, dikerahkannya semua hukum alam un¬tuk melaksanakan maksudnya. Ada kalanya sangat cepat, dan ada kalanya membutuhkan waktu yang agak lama untuk mewu-judkannya dalam pengalaman luar kita.
Selain itu, karena pikiran bawah sadar tidak memilih-milih suatu gagasan, dan menerima gagasan apa saja yang masuk, sebaiknya Anda perlu berhati-hati dan teliti memasukkan buah pikiran atau gagasan Anda ke dalam pikiran bawah sadar Anda. APA YANG SERING ANDA PIKIRKAN DAN UCAPKAN SECARA SADAR DENGAN BERULANG-ULANG PADA AKHIRNYA AKAN DITERIMA SEBAGAI SUATU KEBENARAN OLEH PIKIRAN BAWAH SADAR.
KARAKTERISTIK PIKIRAN BAWAH SADAR
Mari kira melihat beberapa karakteristik penting dari pikiran bawah sadar:
1. Pikiran bawah sadar bersifat subjektif
Jika pikiran sadar adalah pikiran yang objektif (karena menyangkut objek luar), pikiran bawah sadar bersifat subjektif. Pikiran sadar mengamati dengan media pan¬caindra, belajar lewat pengamatan, pengalaman, dan pendidikan. Sedangkan, pikiran bawah sadar memerha¬tikan lingkungan tanpa berhubungan langsung dengan pancaindra. Dalam pikiran subjektif terdapat emosi, kepribadian, dan memori kita. Disebut juga sebagai pi¬kiran subjektif karena kebenarannya bergantung pada sistem kepercayaan yang diyakini oleh pikiran bawah sa¬dar. Pikiran subjektif juga mempunyai penglihatan dan pendengaran indra ke-enam. Jika pikiran objektif sedang tidak bekerja atau sedang mengantuk, pikiran subjektif akan melaksanakan fungsi tertingginya.

2. Pikiran bawah sadar tidak dapat membantah
Jika suatu sugesti diberikan kepada pikiran bawah sadar, pikiran bawah sadar tidak dapat membantah dan berda¬lih. Jika buah pikiran itu adalah salah, pikiran bawah sadar akan menerimanya sebagai suatu kebenaran dan akan menyimpannya untuk diteruskan sebagai keadaan, pengalaman, dan kejadian. Segala sesuatu yang terja¬di pada diri kita didasarkan pada bahan pikiran yang dikesankan pada pikiran bawah sadar melalui kepercaya¬an. Dan, jika sudah diterima oleh pikiran bawah sadar, hal ini akan menjadi kebiasaan kita. Semakin sering Anda memberikan buah pikiran negatif, semakin kuat¬lah pikiran bawah sadar meyakininya sebagai suatu ke¬benaran. Kebenaran ini akan menjadi penghalang besar jalan hidup Anda. Begitu pula sebaliknya, semakin se¬ring Anda memberikan buah pikiran positif, semakin kuatlah pikiran bawah sadar akan meyakini sebagai sua¬tu kebenaran juga. Namun kali ini, kebenaran ini akan memberikan kebahagiaan dan kesuksesan pada jalan hidup Anda.

3. Pikiran bawah sadar dapat menerima sugesti
Pikiran sadar adalah “pengawas di gerbang”, dan fungsi utamanya adalah melindungi pikiran bawah sadar dari kesan yang keliru. Pikiran bawah sadar tidak dapat membuat perbandingan atau kontras, dan Lidak dapat menalar dan berpikir sendiri. Semua fungsi ini adalah fungsi dari pikiran sadar. Oleh sebab itu, berhati-hatilah memilih secara sadar sugesti yang akan diberikan kepa¬da pikiran bawah sadar. Kekuatan terbesar Anda adalah memiliki kapasitas untuk memilih. Jadi, pilihlah KEBA¬HAGIAAN dan KELIMPAHAN.

4. Pikiran bawah seular bersifat melindungi
Apa pun yang telah menjadi kebenaran pada pikiran bawah sadar akan dijalankan secara otomatis, tak pe¬duli baik atau buruk. Oleh sebab itu, jika ada suatu pemikiran baru dan merupakan pilihan baru yang dila¬kukan oleh pikiran sadar, hal itu akan selalu ditolak oleh kebenaran yang telah diyakini sebelumnya oleh pi¬kiran bawah sadar. Dengan kata lain, akan timbul kon¬flik internal dalam diri Anda. Hal ini terjadi karena semata-mata pikiran bawah sadar bersifat melindungi diri kita dengan menjalankan program otomatis yang telah diyakininya sebagai suatu kebenaran.

5. Pikiran bawah sadar juga sering disebut sebagai perasaan
Apa pun yang dipilih dan menjadi keinginan pikiran sadar akan selalu mendapat respons dari keyakinan yang telah tertanam sebelumnya pada pikiran bawah sadar. Respons tersebut sering kali berupa perasaan yang Anda rasakan ketika menginginkan sesuatu yang baru secara sadar. Jika keinginan sadar Anda selaras dengan keyakinan dalam pikiran bawah sadar, Anda akan merasa tenang dan bahagia. Sebaliknya, jika ke¬inginan yang Anda sadari tersebut tidak selaras dan sejalan dengan keyakinan dalam pikiran bawah sadar, akan timbul respons berupa perasaan tidak nyaman dan tidak percaya diri.

6. Pikiran bawah sadar tidak menerima lelucon
Berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan walau¬pun itu hanya sebuah lelucon. Apa pun yang Anda katakan dengan berulang-ulang pada akhirnya akan diterima oleh pikiran bawah sadar sebagai suatu kebenar¬an. Dan, jika sudah menjadi suatu kebenaran, program ini akan dijalankan secara otomatis untuk diwujudkan dalam kehidupan Anda.

7. Pikiran bawah sadar adalah buku hidup
Apa pun buah pikiran, kepercayaan, pendapat, teori, atau dogma yang Anda tuliskan. Anda ukirkan, atau Anda kesankan pada pikiran bawah sadar. Anda akan mengalaminya sebagai manifestasi objektif lingkungan, keadaan, dan peristiwa. Apa yang Anda tuliskan di da¬lam, akan Anda alami di luar. Pikiran bawah sadar hanya bertindak berdasarkan apa yang diterimanya. Segala keputusan atau kesimpulan dari pikiran sadar Anda dite¬rimanya sebagai final. Itulah sebabnya, setiap saat Anda selalu menulis dalam buku hidup Anda, tulislah hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi diri Anda.
8. Pikiran bawah seular bersifat memaksa
Apa pun yang diyakini oleh pikiran bawah sadar akan terbentuk menjadi kebiasaan kita. “Kita adalah makh¬luk kebiasaan,” kata Aristoteles. Ketika sudah menjadi kebiasaan, secara otomatis kebiasaan ini akan selalu me¬maksa kita. Jika Anda keluar dari rutinitas kebiasaan ter¬sebut, Anda akan dipaksa untuk kembali pada rutinitas kebiasaan yang telah diyakini oleh pikiran bawah sadar. Inilah menjadi alasan kenapa sebuah kebiasaan sulit di¬ubah. Anda hanya bisa mengubah sebuah kebiasaan jika pikiran bawah sadar telah menerima hal baru sebagai suatu kebenaran.

9. Pikiran bawah sadar menegaskan apa yang kita rasa sebagai benar
Gagasan yang dominan selalu diterima oleh pikiran bawah sadar. Jika Anda dipenuhi oleh iri hati dan ke¬cemburuan terhadap orang lain, hal ini akan menjadi batu sandungan bagi mengalirnya kekayaan. Anda ber¬ada dalam dominasi gagasan kemiskinan. Jadi, milikilah gagasan yang sebaliknya, yaitu bergembiralah atas keka¬yaan dan kesejahteraan orang lain sehingga Anda juga akan diliputi oleh perasaan penuh makna dan kaya.

KISAH MENARIK TENTANG KEAMPUHAN PIKIRAN BAWAH SADAR
Saya ingin Anda melihat dan merasakan sepenuhnya kisah nya¬ta berikut ini, yang membuktikan kekuatan dahsyat dari pikiran bawah sadar:
Ada suatu kasus penyembuhan yang terkenal dan diakui memang betul-betul terjadi, dan laporannya tersimpan dalam arsip departemen kesehatan Lourdes, Prancis. Madam Bire. be¬gitu nama nyonya dari Prancis itu, menderita kebutaan karena saraf optiknya mengalami atrofi dan tidak berguna. Ia pergi ke Lourdes dan di sana mendapatkan apa yang dinamakan kesem¬buhan ajaib (mukjizat).
Ruth Cranston menulis tentang Madam Bire di majalah McCall’s pada November 1955 sebagai berikut: “Di Lourdes ia memperoleh kembali penglihatannya secara tak terpercaya, ka¬rena saraf optiknya tetap tidak bekerja dan tidak berfungsi, me¬nurut hasil pemeriksaan beberapa dokter berkali-kali. Sebulan kemudian, ketika diperiksa kembali, ternyata mekanisme peng¬lihatannya telah kembali normal. Tetapi pada mulanya, sejauh yang dapat dikatakan oleh para ahli kedokteran, ia melihat de¬ngan ‘’mata mati’’.
Madam Bire disembuhkan oleh pikiran bawah sadarnya yang percaya terhadap kepercayaan yang diyakininya. Prinsip penyembuhan dalam pikiran bawah sadarnya bereaksi terhadap apa yang dipikirkan oleh wanita itu. Kepercayaan adalah suatu buah pikiran dalam pikiran bawah sadar. Percaya berarti menerima sesuatu sebagai benar. Dalam ilmu tentang DNA, kepercayaan sepenuhnya yang dilakukan oleh Madam Bire telah mengaktifkan sel-sel DNA-nya yang berfungsi unnik penglihatan.

Sumber: Syam, Syahril – The Secret of Attractor Factor

 
62 Komentar

Ditulis oleh pada 27 Oktober 2011 in ARTIKEL

 

62 responses to “PIKIRAN SADAR VS PIKIRAN DIBAWAH SADAR

  1. amang..el..

    29 Oktober 2011 at 10:48 AM

    ..:: mohon amat sangat ki,,bimbingannya untuk mencapai keikhlasan itu.
    klw maslh kesaktian,sy bkn org yg beruntng memilikinya.walw sdh masuk bergam perguruan,mendtngi guru hikmah..tp sy tdk meraskannya dari berbagai kesaktian tsb, walau dri kecil sdh akrab dan mencintai dunia itu..

     
  2. suwandi

    29 Oktober 2011 at 11:04 AM

    Khi Abdul Jabar mantep tenan artikelnya khi.

     
  3. Ki Dalang Cipto Kawedar

    29 Oktober 2011 at 4:33 PM

    Mas amang..el.., benar mas… saya hanya mengajak sedulur UES semua sadar akan potensi dirinya sendiri. Berulangkali saya katakan bahwa KEKUATAN TERBESAR ADALAH KEKUATAN DARI DALAM DIRI SEMDIRI. Lakukan yg terbaik dgn seluruh kemampuan kita, jangan mengharapkan pujian dari orang lain, lakukan pekerjaan Anda merupakan IBADAH. Tetap konsisten kepada cita-cita Anda, Insya Allah nanti akan ada kekuatan yg mengarahkan pada tercapainya cita-cita tersebut. Jangan bertanya-tanya kapan terwujudnya, karena tujuan kahir tidaklah PENTING, yang terpenting adalah PROSESNYA.

     
  4. nosferatu9imam9firmansyah9

    29 Oktober 2011 at 8:44 PM

    Pencerahan yg cerah dan tajam serta bener2 menghujam….. Setuju sekali utk mbah guru abduljabar… Kami tunggu wejangan selanjutnya….

     
  5. nosferatu9imam9firmansyah9

    29 Oktober 2011 at 9:01 PM

    Pencerahan yg cerah dan tajam serta bener2 menghujam….. Setuju sekali utk mbah guru abduljabar… Kami tunggu wejangan selanjutnya..

     
  6. fredy

    11 November 2011 at 10:43 AM

    100% MASUK

     
  7. Masis

    10 Desember 2011 at 11:19 AM

    Benar adanya hidup ini adalah implementasi dari fikiran.Apa yang ada dalam fikiran bawah sadar adalah memori dan sekaligus hal yang akan menjadi nyata.Sobat sukses,kendalikan fikiran niscaya sukses.

     
  8. naga76

    16 Agustus 2012 at 7:58 AM

    terimakasih kuliaahnya ki..

     
  9. asysyeikh

    18 September 2013 at 8:42 PM

    qobiltu

     
  10. ki faturrohman

    21 Agustus 2015 at 10:35 PM

    ini artikel yg menarik dan wajib dibaca oleh semua orang

     
  11. Sujarno,S.Pd

    29 Juli 2016 at 8:33 AM

    Mksh atas pencerahannya…mhn bimbingannya selalu..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: