RSS

JANGAN MEMIKIRKAN ZAT ALLAH

25 Sep

JANGAN MEMIKIRKAN ZAT ALLAH
Oleh Ki Abduljabbar

Perasaan gundah gulana setiap hari sering terlintas manakala mengingat banyak saudaraku bolo ES curhat setelah mengamalkan Asma Dzat koq banyak mengalami hal-hal yg aneh-aneh. Saya sdh mengatakan kepada mereka, ilmu Asma Dzat ini ilmu yg memiliki tataran ilmu tinggi, ibarat Anda masih SD pasti tidak mampu menerima pelajaran fisika quatum, Kalkulus, Fureir Analisis, dll. Saya sendiri meskipun sudah berusaha mengamalkan toh akhirnya ada dorongan kuat dari dalam diri saya untuk berhenti alias tidak meneruskan mengamalkan Asma Dzat tsb. Barangkali derajat ilmu saya masih kategori SD, sehingga tidak mampu. Buat sedulurku Bolo ES barangkali tulisanku ini dapat untuk mengobati kekecewaan Anda karena tidak lulus mengamalkan Asma Dzat. Tulisan saya ini berdasarkan landasan tauhid yg saya pahami, dan bukan mengecilkan niat Anda untuk mengamalkan Asma Dzat tsb. Anggaplah tulisan ini sebagai sharing ….

Dari pembahasan sejauh ini, jelaslah bahwa kepercayaan kepada Allah dan pengenalan-Nya adalah suatu perkara yang alamiah. Pengenalan Allah berarti bahwa Dialah satu-satunya Pencipta. Dia lain dari yang lain, meliputi segala sesuatu dan Maha Mengetahui. Kita tahu bahwa Islam mnekankan tentang ilmu sifat-sifat Allah. Hal ini karena memahami Zat Allah adalah sesuatu yang mustahil dan di luar kemampuan manusia maupun mahkluk lainnya. Pengenalan akan Zat Allah menekankan bahwa pikiran telah membatasi entitasnya. namun tidaklah mungkin suatu mahkluk membatasi Enbtitas Khaliknya. Hanya Entitas Allah, Sang Pencipta-lah yang meliputi ciptaa-Nya.

“ingatlah, bahwa sesungguhnya Dia Maha Meliputi segala sesuatu” (QS.Fushshlihat 41:54)

Itulah sebabnya syariat yg suci melarang kita untuk merenungkan dan memikirkan Zat Allah Yang Maha Kuasa dan diwajibkan bagi kita untuk sifat-sifat Allah, perbuatan-Nya, dan kemurahan-Nya sehingga kita bisa memperoleh makrifatullah.

Dalam Usbul Al Kafi, imam Muhammad Baqir a s berkata, “bicarakanlah mahkluk Allah. Jangan bicarakan Entitas Allah. Dengan membicarakan Entitas Allah, rasa keingintahuan akan menjadi-jadi”. “Siapapun yg memikirkan bagaimana dan seperti apa Allah akan hancur”. Orang seperti itu akan jatuh dalam kebinasaan dan tersesat. Mengenal Entitas Allah akan mustahil. Kita hanya membatasi diri pada perbuatan dan sifat-sifat-Nya. Tak ada sesuatu selain kebingungan yang akan diperoleh seseorang jika ia merenungkan Entitas Allah. Dan sebagai akibat dari kebingungan itu, ia mulai menjadi ragu, kemudian ia enggan menerima keberadaan Allah itu sendiri.
Meskipun tidak bisa mengenal Zat Allah, tidak serta-merta kita harus mengingkari keberadaan-Nya. Tidak tahu sesuatu tidak bisa dijadikan alasan bahwa sesuat itu tidak ada.

 
290 Komentar

Ditulis oleh pada 25 September 2011 in ARTIKEL, FAKULTAS INSUN SEJATI

 

290 responses to “JANGAN MEMIKIRKAN ZAT ALLAH

  1. Boedi Alwa

    27 September 2011 at 10:09 AM

    MAU OMONG TAPI TAKUT SALAH TAK NYIMAK AJA. IKUTAN PRINSIP @KM ERLAMBANG” DIAM ADALAH EMAS”

     
  2. Rastya

    27 September 2011 at 10:20 AM

    assalamualaikum. .bs smua yg dirahmati Alloh. .@ms. DSB. .salam salim tkzm ms. .@ms shidiq. .salam salim takzm jg@ms. galih k slaku pmbimbingq, salam salim mski jrang ol. @ms martha,ms ptra bun. .ms patih. .ms rfky. .ms bdi alw,ms kmrl zmn,ms mta elang.(sibuk nglath bl diri ya. .)ms.asmrjati..ms.tfk alhdyah. .ms. . .aduu. .h siapa lg ya. .oya ms.ilaw65,ms anantasena,ms lanting,ms dnlnang,ms bonar,mb.lintng,mb sbai. .salm rahayu pnuh klembutan rsa

     
  3. Rastya

    27 September 2011 at 10:30 AM

    mf lupa. .@QDCK. .salam salim pnuh tkzm Q’@mbh jati. .ms nursejati. .salam jg. .jd tringat wkt di mendut. hhe. ..dn untk bs yg tdk bs sy sbutkn 1/1. jg smua pngunjung blog ES. .q sapa panjenengan smua dgn pnuh rasa kasih dn hormat. .smata2 krn Alloh. .dgn kelembutan Illahi. .mari kita brbagi rasa dgn kelembutan hati senyuman yg brsumber dr kdalaman jiwa .susah senang,tawa tangis. .kita balut dgn kelembutan qolbu. .kejrnihan jiwa. .amiin. ya Rabb.

     
  4. Permono Shidiq

    27 September 2011 at 10:43 AM

    @km samiaji dan sedulurku…ini hp sy….082156671777…fb juga ada: permono shidiq

     
  5. Boedi Alwa

    27 September 2011 at 10:48 AM

    @km permono shidiq
    No hp nya kebanyaken tu!

     
  6. Rastya

    27 September 2011 at 12:02 PM

    @m.boedi kbnyaken angka 7 nya ya. . .hhe. . .no langka tuh. . .

     
  7. Muhammad sholeh patih

    27 September 2011 at 1:06 PM

    Aslmlkm!
    Absen siang…
    Salam sejati buat semua yang hadir!

    Wah..wah..wah..?

     
  8. Muhammad sholeh patih

    27 September 2011 at 1:08 PM

    Km permono shidiq@ km saya ta bungkus no hpnya y?

     
  9. Muhammad sholeh patih

    27 September 2011 at 1:10 PM

    Km permono shidiq@ km saya ta bungkus no hpnya y+add fbnya! Di Konfir lo?

     
  10. Muhammad sholeh patih

    27 September 2011 at 1:11 PM

    +add fbnya! Di Konfir lo?

     
  11. Muhammad sholeh patih

    27 September 2011 at 1:33 PM

    Waduh kok fb saya lma g d buka info saya ad yg masukin sembarangan sih???
    Tanggal lahir 96 kok jdi 93?
    Acara2 di ganti???
    Wah ad penyusup ni!

     
  12. masagus

    27 September 2011 at 6:34 PM

    km Muhammad sholeh patih kita senasib
    kalo aku tiap masuk ke artikel asma dzat & aplikasi emailnya dan gravarnya berubah
    knp ya bisa begitu

     
  13. Muhammad sholeh patih

    27 September 2011 at 7:17 PM

    Km masagus@ hpnya mau mnta gnta ama yg baru! Hahaha, g cman bercanda km!
    Mungkin ad pengaturan yg salah km!

     
  14. aby zahrul

    27 September 2011 at 8:45 PM

    salam salim buat semuanya
    Masih ikut dhoprok di pingiran pintu biar tambah adem kena angin,sambil nyimak senior2.salam knl jg buat kangmas sholeh,
    Nuwun.

     
  15. Taufik alhidayah

    28 September 2011 at 12:27 AM

    Setiap amalan apapun bukan untuk gagah-gagahan.dan soal karomah itu adalah mutlak hak prerogatif nya allah swt.setiap amalan yang baik harusnya mampu mengubah perilaku si pengamal menjadi lebih baik dalam berperilaku.sudah semestinya kita harus mawas diri dan bersyukur apabila allah telah memberikan karomah dari suatu amalan tersebut.dan perlu di ingat, sesungguhnya allah sedang menguji si pengamal.,,apakah dia akan menjadi tawadhu dan bersyukur ataukah mungkin menjadi sebaliknya menjadi riya dan sombong karena amalannya… Ingatlah ! Bahwa iblis dan syaithon mempunyai ilmu tinggi tetapi dia tidak beradab.oleh karenanya dengan segala cara apapun dia selalu mengajak manusia untuk di jerumuskan menjadi pengikutnya,dan juga amalan yang menurut kita baik belum tentu baik untuk orang lain dan tanpa kita sadari kita telah diperbudak oleh syaithon, sehingga kita malah digiring untuk menjauhkan allah (bukannya mendekatkan malah menjauhi.)dan lebih pintarnya lagi syaithon yakni memberikan janji yang manis2 dan muluk2 bisa ini bisa itu,tetapi lama kelamaan justru kita akan digiring menuju jalan sesatnya.
    Marilah sedulur semua…hanya kepada allah kita berserah diri dan mohon perlindungan dan petunjuknya dalam setiap perkara yang kita lakukan

     
  16. Permono Shidiq

    28 September 2011 at 3:06 AM

    @km taufik alhidayah…setuju kangmas….teruslah membimbing sedulur – sedulur yang lain…semoga Allah membalas keikhlasan Panjenengan…

     
  17. Kamarul Zaman

    28 September 2011 at 6:57 AM

    Assalamu’alaikum wr wb

    Izin Absen Pagi,,,

    Km Taufik Al Hidayah mantaf pencerahanx

    bnr kata Km Taufik Al hidayah,jngan gila dari karomah amalan,amalan itu sarana az,dgn amalan yg kita amalkan agar lbh rajin ibadah dan menyadarkan diri kita

    Amalan yg kita amalkan itu,nantix bnyk mendpt cobaan, nantix pd diri kita,,,

    makax tdk segampang membalikkan telapak tangan bljr goib

    kalau blh jujur,misal ada saudara atau tmn saya yg awam ingin bljr goib,pasti saya jwb tdk usah,krn awalx kita pasti bnyk cobaan wkt bljrx tpi ada hikmah nantix,makax tergantung kitax kuat apa tdk imanx

    seperti saya,dulu awam mslh gaib,msk perguruan yg salah dan ngamalin ilmu yg aneh,akhirx d ggu jin dan mw gila,kalau Allah tdk syng sama saya wah gmana jadix.tpi d situlah nanti ada hikmahx,saya yakin dari tmn2 semua wkt bljr goib awalx penuh cobaan

    Jadi berhati2 bljr goib

     
  18. Taufik alhidayah

    28 September 2011 at 10:32 AM

    Tidak ada ilmu apapun yang memberatkan seseorang (si pengamal nya)…tetapi sebaliknya….si penuntut (si pengamal) ilmu itu sendirilah yang telah memberatkan ilmunya itu sendiri…contohnya:siguru(G) dan si murid(M).
    G:apakah kamu sanggup menerima ilmu (misalkan) ASR dariku.?
    M:saya tidak sanggup menerima ASR ,karna kata orang itu ilmu tngkat tinggi.
    Cobalah kita cerna contoh di atas,apakah ada kesalahan dari dari kedua belah pihak,antara guru dan murid tersebut….ayoooo siapa yang tahu jawabannya?????….berpikir dulu yaaaaa…jangan mau disuapin terus yaaaaa….. Nanti testikan jawabannya dilapak sini….nanti tak kasih jawabannya…hehehehe…. Jo serius lan tegang wae…ngkone cepet tua lan keriput heeeheee…

     
  19. ***_nurcahyo_***

    28 September 2011 at 3:10 PM

    …jgn menggantung didlm amal……..kita iklaskan amal kita pd alloh .laa ijtimat fiamalihi……amiiiiiiiiin….

     
  20. Muhammad sholeh patih

    29 September 2011 at 11:07 PM

    Dalam ilmu hikmah it ad tingkatannya jadi perkuatlah tingkatan2 it. Jangan sampai telan terus dan akhirnya KERACUNAN! belajarlah sedikit demi sedikit dan jangan berlandaskan hawa nafsu!

     
  21. Muhammad sholeh patih

    29 September 2011 at 11:21 PM

    Nempel kata-kata:

    Merika mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan merika mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakan untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah) dan merika memiliki telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah).

    Barang siapa yg ketika hidupnya di dunia ini dia buta mata hatinya, tak bersedia menerima kebenaran yg nyata, dia pun akan buta tentang siapa Tuhannya. Dan kelak di hari pembalasan, dia pun laksana orang buta di padang penghisaban.
    “patih”

     
  22. embun jati

    30 September 2011 at 1:51 AM

    @MAS PATIH TAMBAH PINTER AJE

     
  23. embun jati

    30 September 2011 at 1:52 AM

    HEE..HEE..
    @MAS PATIH TAMBAH PINTER AJE

     
  24. Hampa

    30 September 2011 at 8:17 AM

    Otak tdk akan mampu klo buat mikir dzatulloh.. Bisa kopyor. Tp renungkan apa yg Alloh ciptakan..
    Betapa besar KuasaNYA.. Rasakan dalam jiwa..rasakan betapa byk nikmatNYA.. Syukuri nikmat yg Alloh berikan dalam perjalanan kehidupan ini dgn hati ikhlas…

     
  25. Muhammad sholeh patih

    30 September 2011 at 4:54 PM

    Km embun jati@ terima kasih km tpi hanya yg menciftakanlah yg pantas tuk dipuji!
    Saya hanya perantara-NYA saja yg ingin menyampaikan perkataan-NYA.

     
  26. jaka arya

    1 Oktober 2011 at 7:22 PM

    Apa benar, andaikan kita menjadi orang yg bersih….?? smua jenis jin akan ikut dengan kita,… baik dr manusia atau yg lainya,…// dan kadang menguasai badan kita,…// gimana cara mengendalikan diri sendiri supaya tdk terpedaya dn di kuasai jiwa yg lain,…..

    trims buat senior yg mau njelasin……// salam bolo sejati….

    jiwa kita sebenarnya ada berapa,…// istilah jawa sedulur tua dan sedulur enom,….dn gimana mengendalikanya,….

     
  27. ki kukikuk

    2 Oktober 2011 at 12:28 AM

    absen dini hari

     
  28. ki kukikuk

    2 Oktober 2011 at 1:38 AM

    kok sepi nyenyet….ronda keliling kampuz dulu ahhh sambil ngambil jimpitan buhur promild…

     
  29. ki kukikuk

    2 Oktober 2011 at 1:40 AM

    tengg..teng..tengg…teng..tenggg…

     
  30. embun jati

    2 Oktober 2011 at 8:49 AM

    salam, ini bukan sekedar ilmu hikmah tapi lebih dari itu.. yaitu ilmu tauhid

     
  31. embun jati

    2 Oktober 2011 at 8:52 AM

    tak perlu takut gila karna yg gila adalah yg menggilakan diri mreka sendiri

     
  32. Arya

    5 Oktober 2011 at 1:11 PM

    Siang all bolosejati……………………….

     
  33. Nimba ilmu

    6 Oktober 2011 at 8:51 PM

    Absen malam dan nyimak

     
  34. embun jati

    8 Oktober 2011 at 5:07 PM

    kita terdiri dari jasad,jiwa dan ruh.
    lalu siapa sejatinya kita?? RUH berasal dari ruh-NYA.

     
  35. embun jati

    8 Oktober 2011 at 5:32 PM

    kita tidak diberi pengetahuan tentang ruh mlainkan hanya sedikit.
    katakanlah ruh adalah urusan TUHAN ku.
    justru saat inilah kita harus menggali yg sedikit itu semaksimal mungkin untuk kembali pada-NYA.

     
  36. embun jati

    8 Oktober 2011 at 5:36 PM

    mengapa ruh ini sangat istimewa dan begitu dijaga kerahasiaannya oleh ALLAH..??

     
  37. embun jati

    8 Oktober 2011 at 5:37 PM

    mengapa ruh ini sangat istimewa dan begitu dijaga kerahasiaannya oleh ALLAH..??
    YA,karna inilah jalan istemewa tuk mengenal ALLAH.

     
  38. Na2nk

    22 Oktober 2011 at 5:44 AM

    “aku bgun pagi
    aku buka jendela
    aku ngrasa ada yg beda
    sesuatu mencekam kurasa
    seolah ada yg mau menerpa
    wahai alaam redam amarahmu…
    Yaa robbi hanya pdmu kmi berserah dirii…engkaulah yg berkuasa atas sgl sesuatu.,,..”

     
  39. huwahahaha........

    18 Desember 2011 at 8:17 AM

    permisiiii……….numpang…………lewaaaat….

     
  40. agus supriyatna

    17 Maret 2013 at 10:43 PM

    bener bgt pak,,,
    Memahami zat Allah bukan berarti tentan etensitasNya..tetapi mengetahui alam semesta juga segala isinya….
    Yg saya tau
    Zat Allah adalah air,api,tanah,udara adalah zat Allah…sifattullahlah yg mendiami zat tersebut sebagai contoh api dengan panasnya..api jika tdk ada sifatnya panas maka dia bukan api,..
    Hee mf saya sedikit memberi pengetahuan saya.,,nah api mempunyai af’al yaitu bergerak dia bisa menghabiskan apa saja yg masuk dalam panasnya…

    Nah manusialah yg memiliki keempat zat ini..
    Dan manusialah yg tinggi sifattullahnya juga asma serta af’alnya…dengan af’alnya manusia bisa mempergunakan api buat masak air bahkan membgun rmh dari tanah alias batu bata,pasir
    Mf mf mf…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: