RSS

ILMU dan PENGETAHUAN

13 Jul

ILMU DAN PENGETAHUAN
oleh Ki dalang Cipto Kawedar

Ternyata masih banyak juga yang belum paham apa yang dimaksud dengan ILMU, sehingga menimbulkan polemik. Apalagi sudah menanyakan kepada orang yg dianggap MUMPUNI atau AHLI dalam bidangnya. Ya… sekilas kita jarang memperhatikan apa perbedaan dari kalimat-kalimat tersebut, karena bagi kebanyakan kita, Mengabaikan kalimat “sepele” seperti itu. Tetapi ternyata sudah membuat PERPECAHAN (sedih.com).

Baiklah saya perjelas makna dan arti ILMU dan supaya tidak bingung saya tambah apa arti PENGETAHUAN, karena sering kita mendengar kedua kata tsb menjadi satu kata, yaitu ILMU PENGETAHUAN.

Mari kita lihat… Sebelum meneliti kata “ilmu” perlu kita bicarakan dulu teman dekatnya yang sering menjadi “pemicu kesalah pahaman” tentang satu perkara per perdefinisi, yaitu “Pengetahuan” dari kata TAHU. ‘Ilmu’ dan ‘Pengetahuan’ adalah 2 hal yang mempunyai arti dan maksud yang berbeda. Ilmu dalam bahasa inggrisnya adalah “science” dan Pengetahuan adalah “knowledge”.  Sehingga JELASLAH bagi kita sekarang untuk membedakannya , Pengetahuan adalah hasil kerja fikir (penalaran) yang merubah tidak tahu menjadi tahu dan menghilangkan keraguan terhadap suatu perkara. Lha? Maksudnya apa niy?

Maksudnya, mari kita lihat contoh, Misalnya, Anda pasti sdh tahu kalau hujan itu selalu diawali dengan adanya MENDUNG. Tetapi tidak semua orang tahu kenapa MENDUNG BISA TERJADI…?

Nah…., untuk mengetahui mendung bisa terjadi, karena panas sinar Matahari membuat air laut, air danau dan air yg ada diseluruh permukaan bumi menguap. Uap air tsb lalu ditangkap oleh ion-ion yang ada dilapisan atmosfir, karena udara dingin terjadilah uap tsb menjadi titik-titik air. Pada saat titik-titik air tsb semakin banyak sehingga ion-ion tsb tidak kuat menahan, maka terjadilah huja.  Jadi perdefinisi bisa kita lihat, ‘Pengetahuan’ CUKUP puas dengan hanya menepis keraguan terhadap satu perkara’ Sedangkan “ilmu” tidak berhenti hanya pada pengetahuan saja, tetapi mampu menangkap asal-usul pengetahuan itu sendiri. Rangkaian cerita, mulai dari air di permukaan bumi, sampai dengan bagaimana terjadinya mendung, dan bagaimana cara kerja ion-ion mengikat uap air, menjadi titik-titk air inilah yang disebut dengan ‘ilmu’ .

Dalam pengetahuan modern, ilmu dibagi atas 2 kelompok, yaitu kelompok a posteriori (pengetahuan yang diperoleh dari eksperimen/pengalaman indrawi) dan kelompok a priori (pengetahuan yang TIDAK diperoleh dari percobaan/eksperimen) TAPI bersumber dari akal itu sendiri. Dapat juga bersumber dari Munajat. Sehingga didapatkanlah ILMU itu.

Seperti yang sudah dikatakan oleh Ki Dalang Sosro Birowo, kalau ilmu tsb didapat dari hasil MUNAJAT, artinya hasil dari riyadoh alam bawah sadarnya. Jadi kaidahnya sudah benar. Sebagaimana amalan ILMU BUJUK PANGLIMA dari Kyai Bujuk Tumpeng (mohon maaf kalimatnya tdk saya tulis di sini), sama sekali tdk ada kata-kata Arabnya, bahkan artinyapun seperti tdk nyambung dengan manfaat ilmu tsb. Tetapi amalan BUJUK PANGLIMA ini digunakan untuk meredam amalan seluruh varian ASMA SUNGE RAJEH. Lantas apakah ilmu amalan Bujuk Panglima dikatakan SESAT?

Saya tdk menyalahkan siapa-siapa, karena semua polemik ini terjadi oleh kurangnya PEMAHAMAN dan dilihat dari sudut pandang atau kaca mata yg berbeda. Biasanya pula, rasa tidak senang pada seseorang lebih banyak akan menimbulkan penilaian SUBYEKTIVITAS, dan ini kalau terus menerus akan menjadi MENTAL BLOG yg menghambat amal panjenengan. Karena orang yg Anda benci enak-enakan makan-minum, relaks dan santai, sementara Anda masih berkutat dengan KEBENCIAN tsb. Mohon maaf, kalau saya mengatakan yg sebenarnya, karena kebahagiaan selalu saya rasakan, rejeki deras mengalir, nikmat sehat, nikmat iman, nikmat syukur bisa saya rasakan karena saya tidak memiliki beban dendam kesumat, iri hati, dengki, amarah dan lain-lain kebencian. Karena  sesungguhnya hidup adalah MEMBERI bukan MENGAMBIL ….

Salam rahayu buat sedulur semua, 100% bersaudara …..

 
47 Komentar

Ditulis oleh pada 13 Juli 2011 in ARTIKEL

 

47 responses to “ILMU dan PENGETAHUAN

  1. ♥♥♥ Arial Gemilang ♥♥♥

    13 Juli 2011 at 4:16 PM

    pertamax

     
  2. ♥♥♥ Arial Gemilang ♥♥♥

    13 Juli 2011 at 4:17 PM

    bensin

     
  3. Nataurip

    13 Juli 2011 at 4:18 PM

    Absen sore !!!!

     
  4. Nataurip

    13 Juli 2011 at 4:19 PM

    Salim om Arial …….

     
  5. pencari ilmu

    13 Juli 2011 at 4:20 PM

    Mudah2an kelimax…

     
  6. Lanting jos

    13 Juli 2011 at 4:22 PM

    Assalamu’alaikum..
    Salam hormat buat Ki Dalang CK.
    Sekalian abzen sore… Mantaf Ki Guru… Kata2 Ki Guru bisa jadi motifasi semangat hdup sya.

     
  7. pencari ilmu

    13 Juli 2011 at 4:22 PM

    Salim mbah dalang ck
    Km-arial
    Km-nata urip
    Met siang menjelang sore

     
  8. Linggojati

    13 Juli 2011 at 4:22 PM

    askum….met sore sedulur…………km Arial Gemilang gmn kabar kang mas???????

     
  9. yofhi

    13 Juli 2011 at 4:23 PM

    wah…uda ada yang pertamax..

    Benar2 setuju ki. Itulah yang beredar di masyarakat karena ilmu kerap kali dikonotasikan sebagai hal magis dan sesat. Lantas apakah ilmu tafsir, ilmu bumi, ilmu perbintangan juga sesat??

    Salam Super Luar Biasa!!

     
  10. d( SEMAR )b

    13 Juli 2011 at 4:24 PM

    SALAM SEDOYO SEDULUR..
    ABSEN NIH .. SAMBIL IKUT NYIMAK
    d(>_<)b

     
  11. cahaya

    13 Juli 2011 at 4:24 PM

    minyak lampu..walaupun udh payah nemuinnya…tetep semangat nyimak

     
  12. pencari ilmu

    13 Juli 2011 at 4:25 PM

    Di ruang kelas sblh si”wahyoue” kumat lg tuh…
    Mpe bilang “km-arial sm ki dalang sb telah death..”

     
  13. Alimudin

    13 Juli 2011 at 4:26 PM

    Saya yang keberapa ya ?

     
  14. Andri kick hopper

    13 Juli 2011 at 4:26 PM

    Pertaminax
    eh ada mas arial,met sore,met sore juga untk smua bolo alus

     
  15. Andregalang

    13 Juli 2011 at 4:29 PM

    Mad sore..

     
  16. singakriya

    13 Juli 2011 at 4:30 PM

    S E M A N G A T…..!!

     
  17. Bocah cilik

    13 Juli 2011 at 4:40 PM

    Ilmu yg didapat dari sasmita ghaib kan bisa saja bisikan setan ki,kata teman saya setelah cek ilmu UB khodamnya jin tingkat tinggi/iblis gt,sampai dia gemeter ketakutan.

     
  18. kisupolegowo

    13 Juli 2011 at 4:41 PM

    Assalamu’alaikum wr wbr para Sesepuh Bolo Sejati:

    => KI DALANG CIPTO KAWEDAR
    => Adhimas DALANG SOSRO BHIROWO
    => USTADZ HASSAN AS’AD
    => KI ARIAL GEMILANG

    Serta Sedulur-Sedulur Bolo Sejati semoga rahmat Allah SWT selalu menyertai kita bersama, dari sekarang hingga akhir hayat nantinya amin,

    dan semoga amal ibadah kita diterima disisi Allah, begitu juga Blog Energi Sejati, KWA bolo bumi dan blog yang sejenis menjadi garda terdepan menghadang dari orang-orang yang memanfaatkan penderitaan orang lain, dengan memperjualbelikan ayat -ayat Allah

    Amin Yaa Rabb.

    mohon undur diri sejenak, mau kelokasi tambang dulu buat mencari tukon menir demi tuntutan cacing yang ada diperut ini, mohon pangestu sedulurku kabeh

    Bolo Sejati, Bolo KWA dan Bolo Bumi sungguh sesama muslim adalah 100% saudara.

     
  19. banyu_urip

    13 Juli 2011 at 4:59 PM

    ikut ngalap ilmunya ki guru.. ^_^

     
  20. uttama adhikari

    13 Juli 2011 at 5:10 PM

    Asskum wr wb, salam salim tuk semua sedulur.
    @ki dalang CK
    mantap ki.
    saya setuju dan senada dgn @kisupolegowo

     
  21. Amad04

    13 Juli 2011 at 6:04 PM

    Absen malam..
    Mantapz….ki

     
  22. JUNAI

    13 Juli 2011 at 6:13 PM

    Absen

     
  23. Anglingdarmo

    13 Juli 2011 at 6:28 PM

    Absen mlm smbil nyimak penjabaran yg mantab dari Ki Dalang CK…

     
  24. Denmas Songgo langit

    13 Juli 2011 at 6:44 PM

    assalamualaikum bolo sejati semua. salam salim kiguru cipto salam silaturahmi. nyimak pembabaran yg mantaff

     
  25. denlanang

    13 Juli 2011 at 7:11 PM

    absen

     
  26. Anak Muaro

    13 Juli 2011 at 7:21 PM

    Absen Malam
    Pencerahan yang mantap……

     
  27. gunawan78

    13 Juli 2011 at 7:21 PM

    hadir.

     
  28. denlanang

    13 Juli 2011 at 7:30 PM

    mantap pembabaran dari ki Dalang Cipto Kawedar
    semoga kita semakin terbuka hati nuraninya
    salam rahayu

     
  29. AzzaM

    13 Juli 2011 at 7:39 PM

    Minyak Tanah….
    Mangstabs Ki Dalang CK postingannya…

     
  30. Dhani saputra

    13 Juli 2011 at 7:39 PM

    mantap kang mas, monggo yang punya artikel2 menarik untuk dikirimkan ke admin, agar diposting. Sehingga BOLO SEJATI tambah pengetahuan dan tambah pengalaman… Matur suwun…

     
  31. Permono Shidiq

    13 Juli 2011 at 8:00 PM

    Absen malam…nderek nyimak wedaran km kawedar…salam ingsun sejati buat seluruh saudara sejati…ruh saudara sejati…

     
  32. mohamad soleh

    13 Juli 2011 at 8:38 PM

    emang susah ngadepin orang banyak…..maklumlah…..! Beda kepala beda pemahaman tapi ya tetep memang harus dijelaskan…….matur nuwun Ki Dalang Cipto Kawedar….

     
  33. Peniup Salju

    13 Juli 2011 at 8:52 PM

    To …
    @ Ki Dalang CK
    @ KM Dalang SB
    @ Bang Arial Gemilang
    @ All Bolo Sejati

    Selamat malam. Semoga kita semua dalam lindungan Allah Swt. Amin …

    Salam Persaudaraan Sejati …

     
  34. cahaya

    13 Juli 2011 at 9:02 PM

    kalo sy udah langsung tau.. ilmu mani gajah & UB..BENER2 ILMU TULEN SEJATI..ITU PASTI…nggak pake dengr kata orang/temen…tetep semangat..all bolo sejati salim hangat

     
  35. cahaya

    13 Juli 2011 at 9:08 PM

    bener kt ki guru cipto….asma buju’ Panglima jelas nggak ada tulisan arabnya.semua bahasa madura…ALHAMDULILLAH .ilmu itu memang bener2 nyata dan sudah sy rasakan sendiri…semoga ALLAH membukakan mata bagi orang yg selalu mencela…sungguh ilmu ALLAH maha luas…i

     
  36. MBAH JATI

    13 Juli 2011 at 10:05 PM

    benar ilmu Alloh teramat luas.

     
  37. MBAH JATI

    13 Juli 2011 at 10:09 PM

    @ki supo legowo, KSIH juga ya ki, admin dan para sesepuh mereka juga ikhlas lho ki, semoga semua makhluk Alloh berbahagia, salam damai.

     
  38. sang adji

    13 Juli 2011 at 10:15 PM

    Yang penting ….
    Tetap 100% bersaudara
    Bolo sejati ….

     
  39. satpam sejati™

    14 Juli 2011 at 1:00 AM

    dinas malam
    Pembabaran yang bagus ki………DCK
    Smoga bisa menyadarkan yg keblinger dengan statement palsunya……………..

     
  40. GEDIG:BONDOWOSO

    14 Juli 2011 at 1:48 AM

    Assalamu’alaikum wr wb para Sesepuh para guru
    SALAM SALIM TAKDZIM DAN HORMAT SAYA :
    KI DALANG CIPTO KAWEDAR
    KI DALANG SOSRO BHIROWO
    USTADZ HASSAN AS’AD KI ARIAL GEMILANG
    KI Supolegowo
    MBAH JATI

    @ALL PARA BOLO SEJATI salam salim jabat tangan dengan erat untuk mempererat PERSAUDARAAN KITA…Jagalah Hati Jangan Kau sakiti….jagalah hati lentera hidup ini .TERIMA KASIH KI DALANG CIPTO KAWEDAR atas pencerahanya semoga saja tiada lagi polemik yang mengacu pada perpecahan…

     
  41. Ary luwu

    14 Juli 2011 at 9:49 AM

    Mantap Ki…!!!
    Salam persaudaraan buat smua BoloSejati

     
  42. Thanmust thepos

    14 Juli 2011 at 12:43 PM

    mantaps

     
  43. Mustang

    14 Juli 2011 at 8:34 PM

    Klo sy disini energi s,di kwa,d songgobumi ato dmnpn sy cr tmn bkn lwn,sy cri paseduluran bkn prmshn…salam karahayon

     
  44. mas Sastro

    15 Juli 2011 at 11:42 AM

    Mudah2an kata 100% bersaudara betul terucap dari lubuk hati yang paling dalam, jadi gak ada
    iri hati dengki dan amarah sesama saudara.
    Salam sejati ……………………

     
  45. alex gunadi

    24 September 2011 at 3:31 PM

    Mudah2an kata 100% bersaudara betul terucap dari lubuk hati yang Salam sejat paling dalam

     
  46. alex gunadi

    24 September 2011 at 3:33 PM

    salam sejahtera untuk semuanya

     
  47. cecep budi setiadi

    3 Desember 2011 at 1:33 AM

    Saya sangat tersentuh dengan apa yg telah anda tulis mudah2an semua itu bisa saya terapkan di dalam kehidupan saya , saya ada pertanyaan yg mesti saya ketahui apa arti kata mahluk sajati mudah2an bp bisa memberi tahu saya terimakasih

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s