RSS

ANAK INDIGO (INDIGO CHILDREN)

26 Jun

Anak Indigo (Indigo Children)
Oleh Ki Dalang Cipto Kawedar, diambil dari sumber Prana Indonesia

Ada saudara kita Bolosejati yang memiliki seorang anak indigo, beliau banyak bertanya ke-beberapa sesepuh tetapi semua memberikan jawaban yg mengarah kepada mistis dgn kata lain indigo itu terjadi karena ada interaksi ghoib. Saya sdh memberikan beberapa masukan ke beliau, dan tidak ada salahnya jika saya posting di sini sebagai artikel. Siapa tahu Anda memiliki atau ada yang bertanya tentang anak indigo.

Sebagian besar orang sering menduga ada pertanda kuat anak-anak tsb dianggap menujukkan gejala awal autis. Kita sebaiknya jangan buru-buru menyimpulkan seperti itu, karena mungkin saja anak itu sebenarnya diberi karunia tertentu, menjadi anak indigo!

Apakah anak indigo itu?

Dalam Media Blog Energi Sejati kali ini, ada baiknya kita ketengahkan artikel mengenai Indigo Children atau anak indigo (anak nila), sebuah istilah yang mungkin baru sekarang ini dikenal oleh sebagian besar pembaca, anak indigo ini sebagian besar baru dilahirkan pada generasi saat ini. Apa selanjutnya?

Kita beruntung karena dapat menyaksikan sebuah evolusi berlangsung tepat dihadapan kita, karena sebagai orang tua, dokter, psikiater, peneliti, guru dan jurnalis diseluruh dunia mulai menyadari munculnya anak indigo ini. Konsep anak indigo ini dipopulerkan oleh Cynthia Sue Larson, Lee Carol dan Jan Tober melalui buku mereka “The Indigo Childrens: The New Kids Have Arrived.”

KENAPA INDIGO?

Warna ketiga, Indigo atau Nila terbentuk dari pertemuan warna violet (ungu) dan biru dalam spektrum warna, indigo adalah warna cakra ajna atau “mata ketiga” sebagian karena letaknya yang berada di depan kelenjar pineal dan di antara kedua alis, dan sebagian lagi karena ajna diasosiasikan dengan “penglihatan” paranormal dan kemampuan psikik – melihat melebihi kemampuan mata biasa (?), sedangkan biru merupakan warna transisi – “pintu menuju dunia yang lain” – indigo adalah dunia lain itu. Dia juga merupakan warna gabungan, yang menggabungkan yang “nampaknya” terpisah – norma yang tidak terhubung menjadi lengkap atau menyeluruh. Ini melalui kesadaran batin manusia sebagai “mengetahui” – tetapi bukan mengetahui bagaimana Anda saat ini saja.

Anak-anak Indigo adalah anak generasi masa kini yang dilahirkan saat ini dan sebagian besar baru berumur 12 tahun atau kurang. Mereka berbeda dari anak-anak yang lain. Mereka mempunyai ciri-ciri yang unik yang membedakan mereka dari anak-anak generasi sebelumnya, sebutan yang diberikan juga menandakan warna kehidupan yang disandang auranya. Mereka adalah anak-anak yang seringkali memberontak, tidak patuh pada norma-norma sosial dan adat-istiadat, sangat emosional dan kadang mempunyai fisik yang peka dan rapuh, sangat berbakat, sangat pandai dan juga dikaruniai bakat metafisika, biasanya intuitif, seringkali dicap ADD (Attention Deficit Disorder) karena mereka sulit memusatkan perhatian. Kalau tidak sangat empatik dan sangat berbelarasa, dia sangat dingin dan tidak berperasaan, dan bijaksana melebihi usianya. Apakah ciri ini mirip dengan diri Anda atau anak Anda?

Para indigo ini dilahirkan dengan berbagai tantangan yang sulit dikendalikan. Tingkat kepekaannya yang ekstrim sulit dipahami ataupun dihargai oleh orang tua yang tidak memiliki kecenderungan seperti ini. Anugerah bakat yang dimilikinya luar biasa dan sangat bernilai, ketidak patuhannya pada nilai-nilai sosial dan kedisiplinan membuat mereka memperoleh banyak kesulitan dalam menjalani masa kecilnya dan mungkin juga saat mereka dewasa nanti. Itu jugalah yang akan membantunya mencapai cita-citanya yang demikian tinggi seperti misalnya menjanjikan sebuah misi. Anak indigo adalah dia yang datang untuk meningkatkan getaran planet kita! Merekalah terutama yang akan membawa kita ke peningkatan pencerahan. Mungkinkah mereka dilahirkan untuk mempersiapkan datangnya zaman Aquarius? Ada kemungkinan besar anak Anda adalah seorang anak indigo kalau mereka dilahirkan setelah tahun 1992, sekitar 85% anak-anak yang mempunyai bakat psikik yang dilahirkan di tahun 1992, 90% lahir tahun 1994 dan sesudahnya dan 95% yang lahir saat ini adalah anak-anak indigo! Apakah ini berarti Anda pasti bukan indigo kalau Anda lahir sebelum 1992? Tidak! telah banyak dilaporkan bahwa anak indigo ini sudah ada sejak tahun 80-an, yang dimaksudkan di atas adalah dalam jumlah yang besar – diyakini kalau setiap tahun ada saja anak indigo yang dilahirkan, tetapi tidak dalam prosentase yang besar sampai sangat terasa kehadirannya dan terlihat keunikan mereka. Jadi ada kemungkinan Anda juga seorang indigo yang berumur 24 tahun ataupun 50 tahun.

Wency Chapman mendiskripsikan ciri-ciri anak indigo, berdasarkan apa yang dialaminya :

1. Mereka ingin diperlakukan sebagai raja.
2. Mereka merasa pantas berada di dunia ini.
3. Mempunyai perasaan yang jelas mengenai dirinya
4. Mempunyai masalah dengan disiplin dan otoritas.
5. Seringkali menolak melakukan sesuatu yang disuruhkan padanya.
6. Mengantri merupakan siksaan baginya.
7. Mereka frustasi pada tata cara yang bersifat ritual yang hanya membutuhkan sedikit kreatifitas.
8. Mempunyai cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu, baik di rumah maupun di sekolah.
9. Tidak patuh pada norma-norma sosial
10.Menolak mengakui kesalahannya
11.Cepat merasa bosan pada tugas yang harus dilakukannya
12.Menunjukkan gejala ADD (Gangguan kurang dapat memusatkan perhatian)
13.Sangat kreatif
14.Memiliki intuisi yang tajam
15.Mempunyai rasa empati terhadap orang lain
16.Menunjukkan pemikiran abstrak sejak sangat dini
17.Sangat cerdas
18.Sangat berbakat (bisa dikatakan telah memperoleh karunia kemampuan psikik tertentu)
19.Seringkali melamun
20.Mempunyai pandangan mata yang dewasa, tajam dan bijaksana
21.Mempunyai kecerdasan spiritual.

Sekarang mari kita bandingkan dengan kriteria anak berbakat dan kreatif yang dibuat oleh sebuah organisasi nasional nirlaba yang merangkul dan menolong anak-anak yang sangat berharga ini. Mereka mendaftar karakteristik berikut ini untuk membantu Anda mengidentifikasi apakan anak Anda berbakat:

1. Punya kepekaan yang sangat tinggi.
2. Punya energi yang berlebihan.
3. Mudah merasa bosan, mempunyai rentang perhatian yang sempit.
4. Butuh pendampingan orang dewasa yang stabil secara emosi agar dia merasa aman berada di dekatnya.
5. Akan menentang otoritas kalau orientasinya tidak demokratis.
6. Punya cara belajar favorit, terutama dibidang membaca dan matematika.
7. Mudah frustrasi karena mereka biasanya memiliki gagasan yang besar, namun kurang memiliki rekan atau orang yang bisa membantu
mereka mewujudkan gagasan itu sampai berhasil.
8. Belajar dengan cara berekplorasi, menolak cara hafalan atau hanya sekedar menjadi pendengar.
9. Tidak dapat duduk tenang kecuali kalau perhatiannya terserap pada hal yang sangat menarik perhatiannya.
10.Kalau mengalami kegagalan dini, mereka mudah menyerah dan mengalami hambatan belajar secara permanen.

Karakteristik di atas nampaknya sama dengan karakteristik anak indigo, bukankah demikian? Namun yang jelas, anak indigo bukanlah anak bermasalah seperti yang dikirakan banyak orang!!

Wassalam,
Ki Dalang CK

 
26 Komentar

Ditulis oleh pada 26 Juni 2011 in ARTIKEL

 

26 responses to “ANAK INDIGO (INDIGO CHILDREN)

  1. Cah Anyar

    26 Juni 2011 at 8:45 AM

    pertamaxxx

     
  2. Rawet_G@jaH

    26 Juni 2011 at 8:46 AM

    pertamax..

     
  3. Rawet_G@jaH

    26 Juni 2011 at 8:47 AM

    wah
    2nd
    Keduluan cah anyar

     
  4. denlanang

    26 Juni 2011 at 8:51 AM

    pagi bolo sejati
    @ sesepuh salam salim- sungkem

     
  5. AzzaM

    26 Juni 2011 at 8:56 AM

    Lima

     
  6. Alimudin

    26 Juni 2011 at 9:03 AM

    Kedua

    Betul Ki sy punya anak yang boleh kata 95 % ciri2 yang disebutkan diatas terdapat pada anak sy. oleh karena itu mohon pembabarannya lebih lanjut Ki biar sy lebih banyak belajar utk mengetahui tentang anak indigo.

    Anak sy ada 4, 3 pria dan 1 putri. Ketiga anak Putra sy ini mengalami gejala tersebut diatas yaitu anak pertama umur 12 thn, anak ke 3 umur 5,5 thn dan ke 4 umur 4 thn

     
  7. surya lelana

    26 Juni 2011 at 9:08 AM

    6

     
  8. mad mad

    26 Juni 2011 at 9:13 AM

    absen pagi

     
  9. fatsal 5

    26 Juni 2011 at 9:30 AM

    Ke 10

     
  10. fatsal 5

    26 Juni 2011 at 9:33 AM

    Wkwkwk kirain ada yg ke 9 …
    Nomor 9 n 10

     
  11. wonk kalongan

    26 Juni 2011 at 9:53 AM

    seng7

     
  12. Ki Dalang Cipto Kawedar

    26 Juni 2011 at 10:19 AM

    KM Alimudin, seperti halnya jawaban saya atas pertanyaan panjenengan di forum konsultasi, anak indigo memiliki perhatian khusus. Perbanyak pendidikan agama, karena anak indigo memiliki tingkat atau level spiritual yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak normal lainnya.

     
  13. Alimudin

    26 Juni 2011 at 11:06 AM

    Terima kasih atas pencerahannya KI, tp ini ki anak pertama sy dulunya waktu masih umur 4 – 6 tahun kelihatan kepintarannya tp saat ini memasuki umur 11 thn kecerdesannya itu menurun, bahkan cenderung tidak percaya diri, minder, tdk bergairah dan bahkan sering melamun.dan belajar masalah agama susah sekali Ki, sy masukkan dipesantren tp malah lari dr asrama bahkan sekarang sudah tdk mau sama sekali sekolah. Mungkin dia merasa diklsnya dia yg paling bodoh sehingga tdk mau sekolah lagi.

    Mungkin ada cara atau modul utk meningkatan daya IQ nya Ki. Mohon pencerahannya

     
  14. ugan surya

    26 Juni 2011 at 11:14 PM

    Assalamualaikum wr wb.
    hadir…nyimak lagi.

     
  15. LABUDA

    27 Juni 2011 at 11:01 AM

    salam salim bolo sejati……..
    mbah@dalng cipto k/ abdul jbr
    km@dalang sosro brw
    @all bolo sjati
    waduh ga buka beberapa hari dah banyak ketinggalan pelajaran………
    ga pa2 deh… nyusul ah………

     
  16. Penguasa timur

    27 Juni 2011 at 12:35 PM

    Nyimak aja

     
  17. Bakul cilok

    1 Juli 2011 at 7:00 PM

    Assalamualaikum
    Salim sungkem kagem Ki Dalang Cipto Kawedar,ciri2nya kok sama persis dengan keadaan saya.apakah saya termasuk indigo ki?

     
  18. nurani

    23 Oktober 2011 at 1:20 AM

    assalammualykum
    ki nama saya seorang perempuan berumur 18thn
    ki bnyk sekali kesamaan dgn apa yg ki tuliskan terhadap saya,sama semua ki bnrbnr sm.
    tp saya bingung dan saya mash brtanyatanya,bnr ato tdk saya indigo,stiap org yg brtanya kpd saya jwbn saya bnr,tp utk skrng ini saya diam,bungkam,krn saya ingat sm ucapan seseorg yg mruqiyah saya,bhwa hal spt itu td dperbolehkan,saya bingung deh ki ini mau dibawa kmn,fikiran hati suka bnyk yg mmbisikkan,klo gk kuat mngendalikannya bgtbgt saya tdr,kata seseorg aneh lg katanya syaitan ditubuh saya sudah mngakar,ada yg bilang dibelakang dan samping saya ada bbrp mahluk yg mngikuti,saya jg prnh ktmu sm bbrp org,ya larinya prdukunan gtu ki,krn dy tau saya bgmn,saya hanya bs diam,dan trs brsama allah azza wa jalla,wlo ssungguhnya,org tua saya tak suka dgn tingkah saya krn bnyk yg gk wajar dgn mnjwb prtanyaan dr orgorg/dgn kalkuan saya(saya smp diruqiah,tp stlah ruqiah saya spt org yg tambah linglung),bls ya ki comment saya,saya sdg mncari jati diri saya,makash
    wassalammualaykum

     
  19. muhammad sholeh patih

    5 November 2011 at 9:36 PM

    g enak y jdi indigo,hehehe

     
  20. Daniel

    30 November 2011 at 9:37 PM

    kak, salam kenal ya, nama Saya Daniel mau tanya saja, saya ini anak kelahiran 17 Januari 1992 apakah saya hampir tergolong indigo?, tapi sebenarnya sih baru umur 19 tahun ini baru mau belajar untuk memulai mengaktifkan cakra mata ketiga(Ajna Chakra), apa mungkin mata batinku masih bisa diaktifkan melalui beberapa metode, seperti memfokuskan diri pada suatu gambar(lambang/simbol) sambil berdoa menurut keyakinan yang kita percayai, apa metode itu bisa?, metode ini kelihatan agak sedikit aneh sih? Thank You Kak, selamat malam (30/11/2011)

     
  21. Daniel

    30 November 2011 at 9:43 PM

    (Sambungan pertanyaan yang tadi)
    Kita memfokuskan diri pada suatu lambang lambang/simbol dari Ajna Chakra dan berdoa menurut Keyakinan Agama yang kita percaya, Apakah metode tersebut bisa digunakan, Kak?
    Selamat malam

     
  22. ares

    3 Desember 2011 at 9:08 AM

    Slm kenal ki dalang,saya takjub buat ki dalang sampai sejauh itu mengamati ciri2 anak indigo..Semua yang Ki Dalang jelaskan mendekati benar..Sukse slalu untk Ki dalang.

     
  23. Inna

    8 Desember 2011 at 10:18 AM

    Ki saya mempunyai anak sekrang sudah berumur 1 thn. Dari sejak lahir pd jam jam tertentu dia sllu mengangis spt ketakutan melihat sesuatu,akhirnya saya bawa kmn mana untuk berobat secara spiritual,akhirnya anak saya sembuh samapi ke guru spiritual yg ke 10.sejak saat itu dia tdk pernah menangis ketakutan lg.Tp kadang dia melihat ke suatu obyek dengan pandangan yg aneh, sll aja bila berada di tempat baru dia begitu.Dan dia kalau didekati orang yg kepribadiannya kurang baik sll menangis,seolah olah dia mengerti mana orang yg baik mana tidak baik.Dan kemampuan daya tangkapnya luar biasa cpat tanda ada yg mengajari dia sdh tahu fungsi barang,dll.apakah anak saya tergolong anak indigo ya ki???

     
  24. nanya

    7 Januari 2012 at 8:10 PM

    assalamualaikum, wr.wb.. sya mau tanya, apa kalau hampir seluruh ciri tsb ada pada seseorang apa di berkemungkinan indigo?? atau hanya pengaruh pada zodiak dan warna kesukaannya saja?? lalu apa bisa keindigoan itu dirasakan waktu kecil, lalu sedikit menghilang dan kemudian baru disadari saat hampir beranjak dewasa?? mohon dijawab ya ki,, makasih sebelumnya.. wassalamualaikum, wr.wb..

     
  25. DEWA TIMUR

    14 Maret 2012 at 12:50 AM

    Kalau saya suka menyendiri, suka mengkhayal, suka kena tindihan, sering mimpi masa dpan dll.. saya termasuk anak indigo bukan?

     
  26. beeyank

    25 Maret 2012 at 9:49 PM

    Lalu bagaimana bisa mengendalikannya agar bisa sama dengan orang lain? Agar bisa dimengerti dengan orang lain? ketika menggunakannya merasa nyaman, seakan2 semuanya dapat dikendalikan, ketika salah menggunakan dan berakibat fatal merasa bersalah, sama2 keduanya tidak mengenakkan baik fisik maupun spiritual. Apakah hal ini baik? kalau baik mengapa banyak hal yang tidak membuat nyaman? Kalau tidak baik mengapa sulit untuk melepasnya?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s