RSS

BERSYUKUR DAN BERSABAR

31 Mei

BERSYUKUR DAN BERSABAR

Oleh Ki Abduljabbar info@german-indo.com

Dari kesibukan setiap hari, terasa jenuh seandainya tidak melihat BLOG BOLOSEJATI, terasa ada sesuatu yg berbeda yg tanpa kita menyadari, rejeki datang tanpa disangka-sangka dan datang dari mana-mana. Lah ya tahshib …, barangkali inilah barokah persaudaraan dan ikhlas didalam kehidupan. Saya kutip dari tulisan Syahril Syam sebuah cerita ….

Sultan Mahmud di Gazna suatu kali berbagi ketimun dengan Ayaz, pengikutnya yg loyal dan dicintainya. Ayaz sangat senang memakan separuhnya, ternyata buah tsb sangat pahit dan karenanya Sultan segera memuntahkannya. Dengan heran sultan bertanya kepadanya, “bagaimana bisa tak berubah ekspresi wajahmu, padahal ketimun yg kamu makan itu begitu pahit …? mengapa kamu tidak meludahkannya?”

“Sultan yg saya cintai,” jawab Ayaz. “Saya menikmati banyak kemurahan dan hadiah dari tangan tuan sehingga apapun yg engkau berikan pada saya terasa manis”.

MERASA SENANG SELALU

Kisah di atas dengan jelas menggambarkan apa arti syukur itu. Definisi syukur yg diungkapkan oleh kisah di atas adalah merasa senang dgn apapun yg TUHAN berikan kepada kita. Pada titik ini, bersyukur yg dimaksud bukanlah hanya puas dengan apa pun pemberian itu, termasuk kesulitan-kesulitan yang dialami.

Ketika Anda bersyukur, Anda sebenarnya seperti kata Stepen Covey – menjadi orang yang “MEMPERHATIKAN PELUANG” dan bukan “MEMPERHATIKAN MASALAH”. Anda mulai bergerak dari “MENYALAHKAN” menuju “MENGHARGAI DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN”. Bersyukur menjadikan Anda bisa melihat hal-hal baik yg ada pada diri Anda dan orang lain. Dengan kata lain bersyukur menjadikan Anda mampu untuk meningkatkan penghargaan. dan ketika kita berbicara mengenai penghargaan, kualitas ini menjadi hal yg sangat penting seperti yg terdapat dalam ajaran-ajaran agama di bawah ini:

Apapun kebudayaan dan Agama, ternyata menyiratkan hal yang sama tentang KEMAMPUAN MENGHARGAI DIRI DAN ORANG LAIN:

ISLAM

“jangan seorangpun diantara kamu yg memperlakukan saudara dengan cara spt yg tidak disukainya. Tidak seorangpun diantara kamu yg bisa disebut sebagai seorang yg beriman kecuali ia mencintai saudaranya, seperti halnya ia mencintai dirinya sendiri”.

TAOISME

“Lihatlah semua yg diperoleh saudaramu seperti kamu peroleh sendiri dan kehilangan yg dialami saudaramu seperti kehilangan yg kamu alami sendiri”.

KRISTEN

“lakukan kepada sesamamu seperti yg kamu ingin mereka lakukan kepadamu”

YUDAISME

“apa yg menyakitimu, jangan kau lakukan kepada sesamamu”

KONFUSIANISME

“jangan lakukan kepada orang lain apa yg tidak kamu ingin mereka lakukan kepadamu”

BUDDHISME

“upayakanlah agar orang lain mendapatkan kebahagiaan seperti yg kamu inginkan. jangan lukai orang lain dengan hal-hal yg bisa menyakitimu.”

HINDUISME

“semua kewajiban terangkum dalam pernyataan ini: Jangan lakukan kepada orang lain apa yg akan menyakitimu jika hal itu dilakukan kepadamu.”

“Memberi adalah ekspresi tertinggi dari niat baik mereka yang berkuasa. Sekalipun debu, jika diberikan dengan setulus hati, akan menjadi pemberian yang baik. Karena efeknya yg demikian agung, tak ada hadiah yg menjadi kecil jika diberikan sepenuh hati kepada penerima yang pantas”. (Jatakamala 3.23)

‘kita tidak menjadi terhormat karena mencelakai; kita mendapatkan nama karena berbuat baik kepada semua orang” (Dhammapada 270)

“BARANGSIAPA YG TIDAK MENGUNGKAPKAN RASA TERIMAKASIHNYA KEPADA MANUSIA, TIDAK AKAN BISA BERSYUKUR KEPADA TUHAN”. (Nabi Muhammad SAW).

 

Itulah salah satu KUNCI KODE PENCERAHAN UNTUK KEKAYAAN, jika Anda melaksanakannya. Insya Allah akan mendapatkan rejeki yg datangnya tidak disangka-sangaka. jadikanlah bersyukur dan sabar sebagai pedoman hidup Anda.

Bersyukur juga menjadikan Anda puas dengan apa yang Anda raih dan yg bisa Anda raih. Bersyukurlah hari ini, sambutlah dgn penuh kebahagiaan hari esok serta bangkitkanlah semangat orang lain …..

Wassalam

Ki Abduljabbar.

 

18 responses to “BERSYUKUR DAN BERSABAR

  1. uttama adhikari

    31 Mei 2011 at 11:19 AM

    wah dpt Pertamax, ijin nyimak ki

     
  2. uttama adhikari

    31 Mei 2011 at 11:40 AM

    Ngapunten ingin ikut menambahkan ki. Orang KAYA yg SYUKUR & orang MISKIN yg SABAR, drajatnya lbih tinggi MISKIN yg SABAR

     
  3. uttama adhikari

    31 Mei 2011 at 11:44 AM

    Dan lebih tinggi lagi derajat orang MISKIN yang SABAR dan SYUKUR.

     
  4. Abah suhaimi

    31 Mei 2011 at 2:29 PM

    salam kasih buat ki abduljabar yg di-rahmati Allah dn salam kasih ku buat semua sedulur blog tercinta ini..semoga kita selalu dlm rahmat ilahi… Ki abduljabar semoga pegorbanan nanda di-balas dgn rahmat dn berkah dr Allah walau pn nanda ki abduljabar tanpa mengharap kn balasan apa2 dr Allah.. Ini yg benar2 tersentuh hati abah atas masa dn waktu utk membabar kn ilmu2 Allah pd sedulur2 di-sini.

    Saya sangat mengasihi sedulur di-blog ini. Dn sangat berharap agar kita saling menghormati dn kasih mengasihi antara kita. Demi Allah dn rasul nya sy amat tersentuh jg dgn tausiah yg di-sampai kn ki abduljabar amat bererti.. Demi Allah yg nyawa sy dlm gengaman nya. Sy amati setiap kata2 ki abduljabar seolah2 Allah berkarya liwat tausiah nanda utk diri beliau sendiri dn kita semua ini semua bukan kerna apa2 tp kerna beliau menulis dr ketulusan dn hati nya yg menbuat erti yg besar dlm hidup kalau kita amati dn hayati kata2 wejangan ki abduljabar. Rasa nya rugi kalo kita hanya sebatas membaca dr tausiah2 yg di-posting kn. Syabas atas penyampaian nya.

    Kita akn selalu saling asah asih dn asuh dan akn terus belajar bersama. Kerna tiap2 yg kita tau pasti ada jg yg kita gak tau. Jadi kn lah blog ini utk menimba setitis dr ilmu2 Allah agar bermanfaat dunia akhirat.

    Ambil lah pengajaran atas mu akn segala kiasan yg Allah dtg kn pd mu……
    1. Azazil ada lah simbol golongan ahli ibadah dn ilmu yg tertipu.
    2.Qarun simbol golangan hartawan yg tamak dn haloba
    3.Namrud simbol golongan ygmemiliki kekuasaan dn kerajaan.
    4.Abu lahab simbol golongan yg tiada dapat melihat cahaya kebenaran walau pn cahaya kebenaran kenabian itu amat hampir dgn nya.

    Mereka ada lah mahluk yg di-celaka kn tuhan kerna telah lupa diri apabila di-beri harta,pangkat dn kekuasaan.
    Dn ia akan wujud sepanjang zaman.

    Nama2tersebut masih wujud tetapi berada dalam diri manusia yg tiada cahaya ketuhanan.
    Dr itu bunuh lah qarun,namrud,firaun dn abu lahab yg ada dlm diri kita….

    Apa bila datang nya tajalli Allah pd nabi musa as maka hancur lah bukit tursina (sifat mazmumah) dn pangsan lah baginda (yakni fana’lah hamba itu dgn tuhan nya.

    Wassalam…

     
  5. SI:GEDIG:BONDOWOSO

    31 Mei 2011 at 2:51 PM

    MANTAAAP……BERSYUKUR DAN BERSABAR..
    ADEM…..AYEM……TENTREM……..
    “GEMAH RIMPAH LOH JINAWI”
    ITULAH PERSAUDARAAN SEJATI

    SEMOGA TETAP BERJAYA…….AMIN…AMIN…AMIN…YA ROBBAL ALAMIN….

     
  6. ayala7w10

    31 Mei 2011 at 4:21 PM

    alhamdulillah ya rabb,panjenengan telah mempertemukan aku dngan blog ini ,sehingga aku lebih memahami arti dan rasa dari bersyukur….

     
  7. Nakmas

    31 Mei 2011 at 5:13 PM

    ngaji sore….
    subhanalloh, smoga rasa syukur akan selalu hadir dalam stiap lekuk kehidupan ini, syukur bukan hany dalam hati dan ucapan, namun juga terwujud dalam tindakan nyata….

     
  8. si_pitung

    31 Mei 2011 at 7:08 PM

    mantap kiyai
    artikel yng bisa memberi pencerahan
    sabar n syukur
    elemen yng sngt penting

    maaf kiyai may nambahin
    ada hal yng lbih penting dr pada sabar n syukur
    yaitu ikhlas
    maaf bila kurang berkenan

    bersyukur saat menerima
    ikhlas saat memberi
    sabar saat mngalami cobaan
    n sabar dalam aplikasi
    syukur n ikhlas tersebut

    salam persaudaraan ki abdul jabbar
    n all bolo bumi

     
  9. si_pitung

    31 Mei 2011 at 7:09 PM

    maaf kiyai salah ketik
    maksudnya bölo sejati
    maaf ya kiyai

     
  10. Penguasa timur

    31 Mei 2011 at 8:02 PM

    Muantab… rasanya spt seteguk air digurun,,, Ya Allah jadikanlah hambamu ini orang yg slalu bersyukur& sabar atas nikmat &cobaanmu

     
  11. Ki Abduljabbar

    31 Mei 2011 at 8:23 PM

    He…he…he,,, memeng betul kangmas Si Pitung aliasm Mas Rizky … ikhlas dalam memberi …., nanti insya Allah saya bahas tentang ikhlas …..

     
  12. Ki Abduljabbar

    31 Mei 2011 at 9:57 PM

    Sebenarnya tidak ada perbedaannya antara yg miskin dan yang kaya dalam bersyukur. Biasanya memang orang bersyukur karena mendapat kenikmatan rejeki, sehingga kalau kita berdoa kepada Allah meminta menjadi orang yg bisa bersyukur karena kita masih mengharapkan selalu mendapatkan kenikmatan tsb. Sehingga doa tersebut terasa ada pamrih …., tetapi berbeda kontektualnya seandainya kita memohon kepada Allah diberikan kekuatan untuk bisa menjadi orang yg bermanfaat untuk orang banyak …, jelas Allah pasti akan memberikan sarana dan prasarana tersebut untuk mengaplikasikan keinginan kita menjadi orang yg bermanfaat. Karena Allah menciptakan manusia itu untuk saling mencintai dgn kasih sayang. Sabda Rasulullah Salallahu Alaihi wassalam HIDUP ADALAH MEMBERI …..,

    Jadi kadar syukur itu dapat dinilai dari seberapa besar mereka mejadi orang yg bermanfaat untuk orang banyak. Mengenai SABAR, itu adalah aplikasi dari nerimo ing pandum yaitu menerima apa yg sdh terjadi pada dirinya. Menyadari bahwa Allah memberikan yg terbaik yg mereka butuhkan …., sehingga SABAR merupakan esensi rasa syukur yg paling dalam ….

     
  13. Datuk guru

    31 Mei 2011 at 11:05 PM

    aslmkmwrwb..ki.abduljabbar,..mohon daftar jadi saudara energisejati..untuk mendapatkan pencerahanny yang bermanfaat bagi saya,..

     
  14. Datuk guru

    31 Mei 2011 at 11:07 PM

    mohon ijin nyimak pelajaran..untuk mendapatkan kesabaran menjalani kehidupan yang bermanfaat..

     
  15. Datuk guru

    31 Mei 2011 at 11:09 PM

    mohon ijin menyimak pelajaran,untuk mendapat kesabaran menjalani kehidupan yang bermanfaat….

     
  16. ToKeK

    31 Mei 2011 at 11:43 PM

    AMR 2 kok dihapus kenapa ya..

     
  17. Ki Abduljabbar

    1 Juni 2011 at 12:10 AM

    Mohon maaf poro sedulur BOLOSEJATI, postingan AMR2 telah dihapus karena masih belum jelas identitasnya dan itu karena informasi Masnunub kalau yg memposting bukan beliau.
    Jadi mohon maaf saya tidak melanjutkan postingannya.

     
  18. rendy semelekete

    22 September 2011 at 8:51 PM

    mo daftar jadi anggota caranya gimana ki

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s